Selamat datang di rumah sederhana tempat berteduh dari keramaian jagad maya. Terima kasih telah bersedia singgah dan bersilaturahmi di sebuah noktah kecil dalam luasnya alam maya. Semoga perjumpaan ini bisa berlanjut di kesempatan yang lain
Free Website Hosting

Kamis, 18 Maret 2010

Art Exhibition

Dari Menuju Ke

Perjalanan Seni Rupa di Indonesia semakin menjadi sorotan para pengamat seni, kritikus, maupun masyarakat seni di Dunia, hal ini tidak lepas dari ide dan gagasan pelaku Seni Rupa (seniman muda) dari masa ke masa membawa perubahan dan identitas Indonesia. Seniman muda menjadi antusias bersaing dalam taraf global.

Gejala ini tidak lepas dari pengaruh budaya wacana luar (kebangkitan seni rupa Asia) yang terus menguasai peredaran Seni Rupa Dunia. Globalisasi seni rupa yang terjadi, kemudian dijadikan sebuah Pemaknaan baru oleh para Seniman Indonesia, bahwa arus ini akan membawa kemajuan peradaban masyarakat Indonesia lewat karya seni para seniman muda saat ini.

Banyaknya karya Seniman Indonesia yang masuk dalam jajaran kompetisi tingkat nasional maupun Internasional, menjadikan motivasi sendiri bagi para seniman muda individu maupun kelompok untuk berkompetisi dalam sebuah acara (Pameran Seni Rupa) dengan media yang sudah berkembang. Yogyakarta menjadi tempat bermukim seniman – seniman besar yang akhirnya membawa dampak pada perkembangan seni rupa dan menjadi sorotan di Dunia menjadi Pusat kesenirupaan.

Solo sebagai kota yang menjadi ikon budaya serasa hanyut dalam jajaran eksistensi kesenirupaan, yang dahulu (tahun 80 – 90an) menjadi tempat bernaungnya para seniman besar di Indonesia. Hal ini menjadi keresahan seniman muda Solo sebagai penerus generasi dan menjadikan titik tolak kelompok Seni Rupa Cakrawala untuk terus mengembangkan, melestarikan, dan membentuk iklim masyrakat budaya lewat karya Seni Rupa yang menjadi tolak ukur tingkat Nasional bahkan Internasional.

Pertamakalinya Cakrawala Fine Art Community yang berdomisili di Kota Solo, mengadakan sebuah event pameran pertama (Grand Launching) yang berkolaborasi (featuring) dengan seniman muda di Solo untuk mengadakan Pameran Seni Visual dengan Tajuk “ DARI – MENUJU KE – “. Konsepsi ini di jadikan tajuk, karena rasa kesadaran kelompok sebagai generasi muda dalam wilayah seni, untuk terus mengembangkan dan membudidayakan seni (khususnya Seni Rupa) terus tumbuh dan terus mengembangkan seni rupa Indonesia dan ikut bersaing dalam tingkat Regional, Nasional, maupun Internasional.

“DARI – “ sebuah awal pijakan kelompok ini dalam memberikan penghargaan dan rasa kesadaran, bahwa Kota Solo sebagai awal pembelajaran kami dalam mengenal Dunia seni rupa. “MENUJU” suatu pijakan untuk meraih keberhasilan dan kesuksesan membangun iklim Seni Rupa di kota Solo. “KE - “ membawa lebih jauh, agar Seni Rupa di Solo membawa bias dan dijadikan pusat pengkajian dan pembelajaran yang maju di bidang Seni Rupa.

2 komentar:

Catatan Aku © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute